Maraknya tiket pesawat yang murah dan berbagai promosi baik itu di media online ataupun media cetak memang terbukti sangat ampuh untuk merubah dan mengarahkan alokasi budget dari penumpang untuk beralih menggunakan jasa penerbangan.

Harga yang tercetak di media ataupun yang terpampang di tiang-tiang reklame sungguh sangat menggiurkan bagi seluruh calon penumpang. Bahkan apabila kita bandingkan dengan harga tiket kereta api kelas ekonomipun masih lebih murah. Lihat saja iklan yang terlihat pada hari ini tgl 23-Feb-2008 di Lion Air website dengan rute Jakarta – Singapore harga dimulai Rp. 49.000,- untuk sekali jalan. Atau promosi dari Air Asia rute Jakarta ke Solo, Surabaya atau Palembang cukup dengan Rp. 29.000,- untuk sekali jalan.

airasia-promo.jpg lion-air-promo.jpg

Harga-harga tersebut terlihat sungguh fantastis dan itu memang realistis karena beberapa teman dan kenalan saya pernah menikmati perjalanan dengan harga tiket sesuai dengan yang terpampang pada promosi di media massa. Walaupun demikian harga tersebut tidak dapat diperoleh dengan begitu mudahnya, kita harus bisa merencanakan perjalanan sangat tepat dan tidak ada perubahan sama sekali dan reservasi harus dilakukan mungkin sekitar 2-3 bulan sebelumnya. Seperti yang pernah saya uraikan dalam posting sebelumnya bagaimana Low Cost Carrier bisa menawarkan harga yang murah, ini adalah salah satu strategi mereka.

Yang perlu saya informasikan dan mungkin kita perhatikan ketika melihat promosi seperti ini adalah komponen biaya yang nantinya harus anda keluarkan untuk menikmati perjalanan dengan pesawat. Anda akan bisa melihat bagaimana total pengeluaran tersebut pada akhirnya sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa transportasi.

Misalnya anda ingin ke Solo dari Jakarta, kita andaikan 2 alternatif moda transportasi yaitu kereta api dan pesawat terbang. Tempat tinggal anda misalnya di daerah Grogol, Jakarta Barat.

Alternatif 1

Argo Lawu Eksekutif, dengan perkiraan biaya :

  • Taksi dari rumah ke Stasiun Gambir : 35.000
  • harga Tiket KA: 190.000
  • Total: Rp. 225.000

Alternatif 2

Pesawat terbang (misal:Lion Air) dengan harga promosi paling murah seperti gambar di atas, biaya lain yang harus anda keluarkan adalah sbb:

  • Taksi dari rumah ke Bandara Cengkareng: 60.000 + biaya tol (5000+4000) = 69.000
  • Tiket pesawat: 29.000 + surcharges, tax dan asuransi (bisa sekitar 100% dari harga tiket) = 58.000
  • Airport Tax Cengkareng: 25.000
  • Total: Rp. 152.000,-

Ketika anda bisa mendapatkan harga paling murah dari promosi, itu berarti penghematan dan secara ekonomis naik pesawat saat ini lebih murah daripada naik kereta api. Namun jumlah tiket dengan harga promosi seperti di atas sangat terbatas. Apabila harga tiket lebih murah 30% sekalipun daripada tiket Kereta Api, total biaya yang harus dikeluarkan akan lebih tinggi daripada naik KA. Itupun belum termasuk biaya transportasi dari bandara udara di kota tujuan anda ke rumah.

Untuk itu berhati-hatilah dalam memperhitungkan biaya-biaya tambahan yang terdapat dalam komponen biaya naik pesawat terbang, bisa jadi terbang murah bukan berarti benar-benar terbang murah bagi anda.

About these ads