points_image_en.jpg

Beberapa jasa penerbangan saat ini menawarkan kartu keanggotaan bagi penumpang pesawat terbang dengan tujuan kemanapun. Banyak hal yang bisa diperoleh dari kartu keanggotaan tersebut. Dari prioritas utama pada saat waiting list hingga mendapatkan tiket pesawat gratis. Jenis dan fasilitas yang diberikan juga bermacam-macam.Jika melihat informasi pada brosur tentang kartu keanggotaan memang menggiurkan dan ampuh untuk menarik minat para penumpang mengajukan permohonan menjadi anggota.

Saya pribadi kurang jelas apakah yang akan menjadi keuntungan bagi penyedia jasa penerbangan apabila mereka memiliki anggota yang pasif. Sebaiknya lihat beberapa hal berikut sebelum anda memutuskan untuk membuat kartu anggota Frequent Flyer.

Loyalty

Terbang saat ini bukan suatu hal yang hanya layak dinikmati oleh masyarakat menengah ke atas. Namun apabila budget adalah prioritas utama anda untuk terbang, konsekuensinya anda akan sering berganti jenis penerbangan dari airline yang berbeda. Dalam hal ini menjadi anggota suatu penerbangan tertentu tidak bisa dinikmati secara penuh dan cepat.

Sebaiknya apabila sudah memutuskan untuk memiliki frequent flyer dari sebuah penerbangan, jangan segan untuk tetap memakai penerbangan tersebut setiap kali anda travelling.

Frekuensi

Sesuai dengan namanya, kartu keanggotaan sangat efektif buat mereka yang benar-benar tinggi frekuensi terbang sehingga semua fasilitas yang disediakan akan sangat bermanfaat. Sayang sekali apabil anda sering be(r)pergian dengan pesawat dalam jarak yang cukup jauh tapi tidak menyediakan waktu untuk mengajukan aplikasi keanggotaan.

Prestige

Pernah mendengar bahwa dengan memiliki Frequent Flyer berarti anda memiliki prestige? Saya belum pernah mendengar hal itu di majalah maupun dalam obrolan dengan teman. Hanya mereka yang telah memiliki Gold atau Platinum yang akan benar-benar terpenuhi kebutuhan prestigenya. Jadi jika anda ingin memiliki Frequent Flyer agar semua orang tahu bahwa anda pernah atau beberapa kali menggunakan pesawat, lebih baik rencana tersebut ditunda.

Status kartu Frequent Flyer dilihat dari jarak dan frekuensi terbang. Dihitung dalam satuan point atau milleage. Apabila anda telah mengumpulkan point dalam jumlah tertentu, keanggotaan akan diupgrade dan fasilitas yang disediakan akan lebih banyak yang bisa dinikmati. Rata-rata dari penerbangan mengatur grade kartu pada 3 tingkatan yaitu basic/blue membership, Silver membership dan Gold membership.

Satu fasilitas yang paling baik untuk dinikmati adalah tiket gratis ketika anda memiliki jumlah point tertentu. Dan ini benar-benar gratis.