abs_luggage.jpg

Waktu itu saya belum mengerti apa artinya kabin dan tas seperti apa yang pantas dan layak diletakkan di dalam kabin. Pesawat memiliki dua tempat penyimpanan barang selama perjalanan. Bagasi adalah semacam ruang besar di bagian bawah pesawat untuk meletakkan seluruh tas koper milik penumpang. Dan ada pula di kabin bersama-sama dengan tempat duduk penumpang.

Petugas check-in selalu menanyakan apakah kita memiliki tas untuk check-in. Ini artinya tas yang ukurannya tidak cukup untuk untuk diletakkan di kabin penumpang dan harus dimasukkan ke ruang bagasi.

Saya masih sering terheran-heran dengan beberapa penumpang yang bisa membawa lebih dari 2 tas ke dalam kabin. Bahkan kedua tangannya sampai kewalahan. Satu tas kecil untuk notebook, satu lagi tas punggung untuk pakaian (mungkin) dan masih ada lagi tas lain yag entah untuk apa fungsinya. Sehingga orang tersebut sempat tertatih-tatih mencari nomer kursi tempat duduknya.

Suatu pemandangan yang menjengkelkan buat saya karena harus berdiri dan menunggu terlalu lama di lorong (aisle) sampai orang itu selesai mengatur dan memaksa tasnya masuk ke kabin penyimpanan. Sekali lagi indra pengertian kembali muncul dengan segala alasan buatan di benak saya. Mungkin orang ini memang tidak memiliki tas yang besar atau mungkin dia harus membawa milik kerabatnya. Pemakluman demi pemakluman kembali harus dilontarkan.

Rasanya alasan dan analisa yang paling jelas dilihat adalah karena orang itu malas untuk antri di depan luggage belt pada saat mendarat nanti. Hanya itu alasan yang masuk akal bagiku. Tapi yang pasti karena dia juga tidak memperdulikan sesama penumpang yang lain antri di belakang dia.

Sekedar tips buat anda sebelum menuju ke bandara. Buatlah packing barang-barang anda serapi dan sesederhana mungkin. Satu tas yang memadai untuk bagasi dan satu tas yang cukup untuk menyimpan barang-barang berharga di dalam kabin. Hal ini akan cukup membantu proses boarding. Juga membantu jasa penerbangan memberikan data ‘weight’ yang lebih akurat kepada pilot.

Pernahkan anda mendengar bahwa overweight bisa menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan? Mari menjadi lebih bijaksana selama perjalanan udara.