wings.jpgSampai saat ini saya masih terkagum-kagum dengan teknologi yang ada pada pesawat. Apalagi ketika melihat betapa raksasanya Airbus A380 dan Boeing B747. Wow! Hanya itu satu kata yang mampu terlontar.

Tidak masuk akal kadang-kadang bahwa benda seberat itu, ribuan ton, bisa terbang…. Lalu apa yang sebenarnya membuat pesawat bisa terbang? Apakah mesin jetnya? Apakah mesin itu menyemburkan gas tertentu ke dalam badan pesawat sehingga membuat pesawat lebih ringan?

Saya pernah membayangkan seperti halnya balon udara yang diisi gas ringan sehingga bisa melayang. Mungkin di antara dinding-dinding pesawat terdapat rongga-rongga udara seperti pundi-pundi udara pada tubuh burung?Atau karena mesin jet menarik udara di depan hidung pesawat sehingga membuat udara ‘hampa’ di depannya lalu membuat pesawat bergerak maju? Itu mungkin benar tapi apa yang membuat pesawat bisa melayang? Teknologi ini merupakan salah satu teknologi yang saya kagumi dari manusia modern selain teknologi telepon selular dan komputer.

Timbulnya banyak pertanyaan yang tak terjawab itu membuat saya tertarik untuk membeli flight simulator, sebuah komputer game bagi mereka yang ingin menjadi pilot dan bisa juga untuk pendidikan agar mengerti bagaimana pesawat bekerja. Suatu game yang bagus tapi mahal (software asli…)Di dalam game tersebut dijelaskan bahwa sayap pesawat adalah bagian utama yang membuat pesawat bisa terbang. Iya, dimanapun sayap yang membuat burung pula bisa terbang tapi itupun harus digerakkan. Sedangkan sayap pesawat?

Saya habiskan waktu paling tidak 2 minggu untuk membaca guideline-nya sebelum memulai game tersebut dan sungguh menarik karena di sana dijelaskan bagaimana pesawat bergerak dan terbang. Ilmu yang disebut aerodinamika adalah ilmu prinsip dasar yang dipakai oleh para ilmuwan pesawat terbang.

Saya pernah membaca suatu buku tentang bagaimana ide pesawat timbul. Apabila anda sedang mengendarai mobil atau duduk di dalam mobil yang berjalan, cobalah buka jendela mobil dan ulurkan tangan anda keluar tegak lurus dengan arah jalan raya, lalu gerakkan sedikit miring ke arah belakang. Apabila angin cukup kencang karena laju mobil, tangan anda akan terdorong agak ke belakang agak ke atas karena angin mendorong tangan anda ke arah berlawanan. Semakin kencang mobil anda berjalan semaikn kuat pula dorongan angin ke tangan anda.

Dari sinilah prinsip dasar sayap pesawat bekerja. kemiringan sudut pesawat terhadap badannya sangat penting. atau gambaran lain adalah sky air, plat kaki ski air memiliki sudut tertentu dengan permukaan air sehingga pada waktu boat berjalan menarik, kita tetap berada di atas permukaan air. namun apabila anda salah membuat sudut kaki ski dengan air, gerakan akan berubah masuk ke air atau menjadi lebih berat untuk boat penarik.

Penjelasan sederhana itu masih belum bisa membuat saya benar-benar percaya bahwa burung besi ribuan ton itu bis aterbang dan hampir tanpa goncangan ketika di atas sana.What a miracle!