lounge.jpgMenunggu selama minimal satu jam sebelum masuk pesawat memang hal yang kadang membosankan. Apalagi jika kita tidak mempersiapkan diri dengan ‘bekal’ portable music, koran atau majalah untuk ‘kill the time’. Ada hal lain yang menarik yaitu melihat bagaimana para petugas bagasi dan bandara menangani pesawat sebelum penumpang boarding. Mobil-mobil yang menurut saya aneh dan para petugas berbaju ‘scotchlite’ yang menjaga akses bandara maupun petugas engineer yang memeriksa kelaikan pesawat terbang. Atau apabila kita berada pada ruang boarding yang dekat dengan runway, kita bisa melihat pesawat ‘take-off’ sambil membayangkan dan mencari petunjuk apa yang membuatnya terbang.

Tergantung apa yang akan membuat anda tertarik. Namun apabila itu semua tetap tidak menjadi pilihan terbaik, mungkin eksekutif lounge bisa menjadi alternatif. Saat ini hampir semua bank memberikan fasilitas ini kepada pemegang kartu kredit gold atau platinum. Di tempat ini anda cukup menunjukkan kartu dan petugas akan ‘me(m)validasinya, gratis tanpa bayar.

Beberapa jenis kartu kredit saya lihat bisa untuk 2 orang. Lumayan, anda bisa ajak teman anda yang tidak memiliki kartu kredit. Cara lain apabila anda telah memiliki frequent flyer minimal Gold dari penerbangan tertentu, anda berhak menikmati semua layanan seperti penumpang bisnis di dalam lounge. Dan itu gratis. Dari situlah saya tuliskan tentang program membership akan sangat bermanfaat hanya ketika anda telah menjadi Gold member.

Cara yang paling gampang yang pasti jika anda membeli tiket di kelas bisnis. Selain secangkir kopi dan snacks di dalam lounge, koneksi internet, dan surat kabar terbaru, di dalam kabin pesawat anda juga akan mendapat layanan lebih.