overweight.jpg

Berat bagasi yang berlebihan kadang sulit dihindari ketika anda be(r)pergian ke luar kota selama beberapa hari. Apabila Singapura misalnya, bagi shopper sejati satu tas sudah pasti tidak cukup. Tapi itu bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk menghindari kewajiban membayar biaya ekstra yang tidak masuk akal. “Mendingan buat belanja daripada buat bayar bagasi lebih.” Demikian teman saya berujar.

Caranya gimana?

(1) Check in bersama-sama apabila anda tidak sendiri. Dengan cara ini petugas akan menghitung total allowance bagasi untuk tiga orang misalnya secara bersamaan. Sehingga mungkin teman anda memiliki tas bagasi di bawah berat yang diijinkan, sisanya bisa ‘disubsidikan’ buat rekan yang lain.

(2) Ketika membeli tas bagasi coba pilih tas yang ringan tapi kuat sehingga berat tas tidak mengurangi jatah berat barang bawaan anda selama travel. 0.5 – 1 kg khan lumayan.

(3) Kalau ternyata anda be(r)pergian sendiri, ketika mengatur isi tas bagasi, perhatikan barang-barang mana yang ukurannya kecil tapi beratnya lumayan. Lebih baik letakkan barang-barang tersebut di tas bawaan anda. walaupun sedikit lebih berat tapi tidak harus mengeluh biaya over weight. Lagipula di dalam airport anda bisa memakai trolley.

(4) Akan membantu jika di rumah anda memiliki alat timbang badan sehingga tahu sebelum sampai di airport. Kalau tidak?

Ada satu jenis tas yang memiliki alat timbang built-in sehingga kita bisa tahu apakah bagasi kita akan kelebihan beban atau tidak. Harganya dituliskan sekitar 155 USD namanya Ricardo Solution. Saya belum tahu apakah tas tersebut sudah tersedia di Jakarta atau belum. Lihat info lebih jelasnya di sini.