air-ticket.jpg

Saya cukup yakin bahwa sebagian besar penumpang pesawat kurang tanggap terhadap apa yang disebut kode booking jadwal perjalanan mereka. Justru sekretaris atau office assistant yang lebih perhatian terhadap kode ini.

Setiap jadwal perjalanan penumpang adalah unik, artinya informasi khusus yang terdapat di dalamnya seperti nama penumpang, nama kota asal dan tujuan, ETD pesawat dan waktu penerbangan setiap tiket berbeda-beda. Dengan banyaknya informasi di dalam tiket tersebut, kode booking sangat membantu maskapai penerbangan dalam mengidentifikasi penumpang mereka.

Jika anda perhatikan tiket pesawat di tangan anda ketika akan check-in, kode booking ini akan selalu tercetak pada selembar kertas kecil yang dilampirkan pada tiket anda. Setahu saya kode booking ini TIDAK tercetak langsung pada tiket. Kode booking merekam semua detail perjalanan anda pada satu tiket dan satu maskapai penerbangan.

Di mana melihat kode booking?

Kode booking pada setiap maskapai penerbangan berbeda-beda. Maksudnya satu penerbangan bisa jadi terdiri dari kombinasi beberapa huruf dan angka. Kadang 5 huruf atau lebih tergantung dari manajemen penerbangan.

Contoh kode: QBH5J ; KY2H3 ; HDCSGW dan sebagainya

Biasanya kode ini tercepat di samping nama anda sebagai penumpang. Atau paling tidak di bawah nama anda. Kode ini akan berfungsi tatkala anda perlu merubah waktu penerbangan atau tanggal penerbangan, issue ticket dan beberapa hal lain terutama tentang perubahan jadwal terbang.

Anda akan menerima kode ini pertama kali ketika reservasi perjalanan. Sebelum tiket diissue (baca:dicetak), calon penumpang akan mendapat kode ini apabila reservasi atau tempat duduk tersedia dalam status OK atau waiting list.

Untuk lebih memudahkan pengaturan jadwal dalam keadaan darurat, lebih baik lakukan hal berikut:

  • Simpan kode ini di dalam handphone atau tuliskan pada kertas kecil yang disimpan di dalam dompet.
  • Catat semua nomor telepon travel agen anda dan nomor hotline maskapai penerbangan agar anda dapat menghubungi mereka langsung ketika sekretaris atau asisten anda berhalangan.
  • Ingatlah sedikit detail perjalanan anda misalnya nomor penerbangan dan ETD (Estimated Time of Departure).