member.jpg

Begitu banyak sekali fasilitas, servis dan keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menjadi member frequent flyer dari sebuah maskapai penerbangan. Fasilitas tersebut bisa berbeda-beda bentuknya tergantung dari kebijakan masing-masing organisasi. Penempatan ranking disini sekedar berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini.

Selain perhitungan jumlah point milleage yang berbeda, akumulasi point untuk bisa naik level keanggotaan pun juga berbeda. Ada yang mensyaratkan minimum 20.000 point baru bisa menjadi Gold member, namun ada pula yang mensyaratkan hingga 30.000 point baru bisa menjadi gold member. Yang saya kategorikan di sini berdasarkan kemudahan cara memperolehnya dan manfaat yang benar-benar menguntungkan bagi anggota.

Waiting List priority: Dari semua jenis kartu anggota atau maskapai penerbangan, fasilitas ini yang paling mudah didapat dan pertama kali bisa dinikmati walaupun status keanggotaan masih pada level yang paling dasar. Paling tidak lebih baik daripada penumpang lain yang tidak memiliki keanggotaan. yang membedakan hanyalah status keanggotaan anda, apabila penumpang lain memiliki status yang lebih tinggi maka prioritas bagi anda menjadi sedikit lebih rendah dari mereka.

Informasi Terkini: Biasanya maskapai akan secara rutin memberikan informasi penerbangan terkini bagi anggota melalui email atau surat bulanan kepada anda. Paling tidak apabila ada program promosi anda akan lebih tahu daripada yang lain.

Terbang Gratis: fasilitas ini bukan hanya bagi mereka yang telah berstatus keanggotaan Gold atau Platinum. Asalkan point milleage anda mencukupi, anda bisa terbang gratis dengan menukarkan point anda.

Personalisasi: Airline tertentu bahkan akan mengirimkan sms pribadi kepada anda 2-4 jam sebelum jadwal penerbangan anda. Isi sms semacam mengingatkan anda akan jadwal penerbangan anda.

Eksekutif Lounge: Gratis, nyaman dan komplit. Semua yang anda perlukan ada di eksekutif lounge dan bisa dinikmati tanpa dipungut biaya. Majalah atau koran terbaru, makanan dan minuman, music bahkan layanan internet disediakan di dalam ruang tunggu eksekutif. Sayangnya rata-rata servis ini hanya bisa digunakan bagi anggota yang berstatus Gold atau Platinum.

Fasilitas yang saya sebut di atas adalah hanya sebagian kecil dari seluruh fasilitas yang tersedia. namun kebanyakan hampir keseluruhan fasilitas hanya bena-benar tersedia bagi anggota yang berstatus tinggi dan harga yang harus dibayarkan memang cukup tinggi. Sebagai contoh apabila anda ingin menjadi anggota Gold, paling tidak menjaga agar status itu terjaga setiap tahunnya anda perlu terbang Jakarta – Surabaya PP sekitar2 minggu sekali (total kurang lebih 25 kali PP).

Bukan jumlah jam terbang yang sedikit memang, tapi layak untuk menerima fasilitas tersebut.