pilot.jpg

Kali ini sungguh berita mengejutkan buat saya pribadi bahwa ada seorang broker properti bisa menjadi pilot. Saya baca berita tersebut pada media massa hari ini yang tengah menyoroti sebuah maskapai penerbangan nasional dengan segala masalah internal mereka terutama keuangan.
Walaupun sebelumnya seorang kenalan (dari sebuah maskapai penerbangan) saya pernah bercerita bahwa untuk menjadi seorang pilot cukup mudah asal kita memiliki uang sekitar Rp 200 juta untuk biaya kursus dan lain-lain selama 6 bulan. Saat itu saya hampir tak percaya dan menganggap beliau hanya bergurau.

Namun deminian membaca berita hari ini cukup membuat saya tambah percaya bahwa menjadi pilot lumayan semudah menjadi sopir mobil. Saya pikir menjadi pilot harus menjalani pendidikan khusus selama bertahun-tahun dan harus menjalani pemeriksaan kesehatan yang sangat ketat (yang ini mungkin memang benar). Apakah benar demikian mudah untuk menjadi pilot?
Bagaimana mungkin tugas seorang pilot yang bertanggung jawab terhadap nyawa ratusan orang cukup diberikan pada seorang yang memiliki uang dan hanya dididik selama 6 bulan?
Yang paling mengejutkan buat saya pribadi bahwa ‘pilot’ tersebut sudah langsung bisa mengoperasikan pesawat jet Boeing 737 series!
Bukannya berawal dari pesawat Cessna atau Fokker dahulu.