Hampir tidak percaya ketika membaca dan mendengar informasi tentang tersebarnya rekaman kotak hitam pesawat Adam Air KI 574 yang jatuh awal tahun silam. Ngeri memang mendengar rekaman yang berisi detik-detik terakhir sebelum kecelakaan.

Namun timbul pertanyaan tentang ke-otentik-an isi rekaman tersebut dan timbul banyak sekali komentar dari berbagai pihak, terutama KNKT.

Blackbox dari sebuah pesawat, atau kotak hitam (sebenarnya kotak itu sendiri berwarna oranye, yang terdapat pula selotip strip berwarna terang atau menyala ketika terkena cahaya) adalah sebuah alat yang berfungis untuk menyimpan Flight Data Recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR). Hal ini ditujukan agar pada setiap kecelakaan pesawat terbang yang terjadi akan mampu ditelusuri penyebabnya sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan di masa ke depan.

Kotak Hitam tersebut, seharusnya hanya bisa dibaca dengan sebuah alat khusus yang hanya dimiliki oleh pihak yang berwenang dan tidak akan dipublikasikan. Dan beberapa pendapat menyatakan bahwa pihak manapun yang menyebarluaskan isi daripada kotak hitam tersebut adalah sebuah pelanggaran hukum.

Lalu jika kita berpikir dan bertanya-tanya tentang motif orang yang menyebarluaskan rekaman tersebut melalui internet adalah sebuah hal yang sulit dipahami. Atau kalaupun rekaman itu adalah sebuah bukti yang otentik? Siapa lagi yang bisa dipercaya?

Link ke beberapa rekaman suara dan transkrip jatuhnya pesawat Adam Air:

Boomp3

4Shared

indowebster

Nowupload