flightsKebetulan di Vietnam saat ini terdapat 3 maskapai penerbangan yang bisa mengantar kita dari Saigon menuju Jakarta, tentu saja ketiga maskapai tersebut tetap harus transit di Changi. Saat ini belum ada yang langsung dari Saigon – Jakarta. Maskapai lain ada juga ke Jakarta tapi penjadwalannya masih kurang nyaman dibanding 3 yang disebut di atas.

Singapore Airlines
Sengaja disebutkan di awal karena memang bukan rahasia umum lagi bahwa SQ adalah yang terbaik dari sisi kualitas pelayanan, jenis pesawat beserta interiornya dan tentu saja harganya memang paling mahal. Saat tulisan ini dimuat (1 USD = Rp. 11.890), tiket SQ Saigon – Jakarta ditawarkan sekitar 570 USD (PP).
Singapore Airlines menggunakan jenis pesawat berbadan lebar, Boeing B-777, sehingga (menurut pengalaman pribadi nih…) take-off dan landingnya terasa lebih ‘smooth’ walaupun kalau ada turbulence juga tetap saja goncang.

Mereka memberikan pilihan jenis makanan bagi penumpang, hal ini juga kita dapatkan di maskapai lain. Terdapat aturan tidak tertulis bahwa setiap penerbangan lebih dari 90 menit, penumpang akan mendapatkan menu utama dan apabila kurang dari 90 menit biasanya hanya snack dan makanan ringan. Hal ini tidak berlaku pada Low Cost Carrier.

Hiburan di dalam kabin penumpang juga sangat lengkap dari games, film seri televisi, music, hingga blockbuster movies. Untuk urusan ini lebih baik anda membawa perlengkapan audio pribadi (earphone) sehingga kualitas akan lebih baik.
Semua fasilitas tersebut memang layak anda dapatkan dengan harga tiket sesuai.

Garuda Indonesia
Harga tiket bisa dikategorikan menengah dengan range sekitar 420 – 450 USD (PP) per pax. Jenis pesawat yang digunakan adalah tipe sedang (B-737 seri 400). Tidak ada sarana hiburan elektronik di dalam penerbangan Saigon – Jakarta, kecuali majalah bulanan dari Garuda.
Tergantung dari kita sebagai penumpang, mau tidur sepanjang perjalanan atau bengong tanpa hiburan apapun.

Yang paling membuat kurang nyaman adalah pramugari Garuda. Mereka kayaknya ‘tidak layak terbang’ karena usia (hehehehehe) dan sebagian besar kurang memiliki senyum ramah. Ini merupakan salah satu hal yang cukup relatif dan tergantung pada penilaian masing-masing penumpang.
Menu makan siang juga dihidangkan dalam 2 pilihan.

Lion Air
Menggunakan jenis pesawat paling baru dibanding dengan maskapai penerbangan lain, yaitu Boeing B-737 900er. Sedikit perbedaan fisik dengan pesawat Garuda, namun memiliki teknologi dan efisiensi lebih baik (menurut Boeing).

Identik dengan pasar penumpang yang mereka bidik, yaitu ‘Low Cost Carrier’ maka jarak antar tempat duduk dengan bagian depan terlalu sempit apalagi buat ukuran orang Eropa atau Amerika. Perbedaan jenis pesawat tidak terlalu terasa banyak pada saat take-off atau landing, lebih pada suasana interiornya yang terlihat lebih baru. Selain itu tidak ada yang istimewa.

Ehhh.. ada, pramugarinya yang cantik-cantik sedikit menghibur walaupun mereka hanya duduk di belakang pesawat ketika pesawat sedang cruising. Sama dengan Garuda, tidak ada hiburan sama sekali di dalam pesawat sehingga anda hanya bisa duduk diam atau menikmati musik sendiri (kalau bawa mp3 player).
Service tersebut memang layak didapatkan dengan harga tiket PP sekitar 300 USD per pax. Namun hal yang paling mengecewakan adalah pada penerbangan Singapore – Jakarta atau sebaliknya yang harus ditempuh selama 1 jam 25 menit. Tidak ada sama sekali makanan kecil bahkan air putih untuk minum juga tidak disediakan. Mengapa sangat tidak nyaman? Karena pada waktu kita ‘screening’ air minum atau cairan bentuk apapun tidak diperbolehkan dibawa ke ruang boarding. Otomatis satu-satunya harapan untuk mendapatkan minum adalah di dalam pesawat.

Ada harga untuk segala sesuatu memang. Untuk harga tiket Lion Air tersebut, anda harus mampu menahan haus minimal selama 2,5 jam.

Nah, sekarang tergantung pada apa yang anda harapkan pada waktu menempuh perjalanan Saigon – Jakarta atau sebaliknya. Jika uang bukan masalah bagi anda, maka Singapore Airlines adalah pilihan terbaik untuk uang yang anda miliki. Namun jika anda ingin sedikit berhemat, maka Garuda Indonesia adalah pilihan yang OK. Dan ketika cost benar-benar menjadi prioritas di atas kenyamanan, service dan pengalaman, maka Lion Air adalah pilihan yang terbaik buat anda.