eko.jpgLebih dari beberapa tahun yang lalu, sebelum timbul beberapa penyedia jasa penerbangan murah di Indonesia, masyarakat kebanyakan menganggap bahwa perjalanan menggunakan pesawat hanya untuk para pengusaha, pejabat atau hanya ketika dalam keadaan darurat yang membutuhkan waktu singkat menuju kampung halaman.

 

Waktu itu di Indonesia, jumlah penyedia jasa penerbangan masih terbatas sehingga tiket mahal dan hanya orang tertentu saja yang bisa menggunakan jasa transportasi ini. Saat ini, ketika timbul beberapa airline baru dengan istilah Low Cost Carrier yang banyak beroperasi di Indonesia telah berhasil merubah image jasa transportasi udara. Sejauh mana image itu bergeser, penulis ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang jasa penerbangan, ‘behaviour’ penumpang dari berbagai jenis pesawat dan daerah. Anda nantinya yang akan mampu membuat kesimpulan tersendiri dari data dan informasi yang akan disajikan.

Semua yang dituliskan di sini adalah berdasarkan pengalaman pribadi maupun rekan. Apabila informasi dipetik dari media atau sumber lain, akan dicantumkan credit, paling tidak nama dari sumber tersebut.

Mengapa?

Mungkin hal ini akan bermanfaat bagi masyarakat lain yang belum pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, sehingga blog ini bisa membantu memberikan informasi tentang tata cara, masalah di pesawat dan semua hal yang berhubungan dengan transportasi udara. Atau bagi mereka yang hampir setiap minggu terbang, blog ini mungkin bisa membuatnya kembali tersenyum.

Tidak menutup kemungkinan bagi penyedia jasa penerbangan manapun (dalam dan luar negeri) yang membaca beberapa artikel di sini mungkin terinspirasi untuk merubah strategi pemasaran, layanan on board atau ground atau bahkan ingin mengingatkan masyarakat dengan memasang banner mereka di sini. Who knows? We Never Know…

 

Penulis adalah warga negara Indonesia yang saat ini sedang ditugaskan di Vietnam sejak Juni 2006. Tugas yang senantiasa menuntut untuk melakukan perjalanan ke luar kota memberikan inspirasi untuk membuat tulisan ini dipublikassikan melalui blog. Kirimkan email ke ekohidayat@yahoo.com untuk setiap pertanyaan atau komentar pribadi.

Eko HIDAYAT

Iklan